Tips Melacak dan Menemukan Kembali Handphone yang Telah Hilang Karena dicuri

Temukan Cara Melacak HP Hilang Di sini

tips_hp_sugianto_info

tips_hp_sugianto_info Pernahkan Anda merasa kehilangan sebuah Handphone kesayangan? Jika pernah, maka perasaan jengkel, dongkol dan was-was apalagi ada data-data penting yang disimpan di dalam handphone. Kehilangan handphone dapat dikategorikan menjadi 2 macam, yaitu:

  1. Kehilangan karena telah dicuri/dicopet
  2. Kehilangan karena terjatuh/tertinggal/lupa

Dari kedua kehilangan tersebut yang paling menjengkelkan bagi siempunya yang paling menyedihkan/menjengkelkan adalah kategori nomor satu. Dipastikan anda akan menggerutu dan mengutuk orang yang telah melakukan pencurian/pencopetan handphone anda. Pertanyaannya, bisakah handphone yang telah hilang kita temukan kembali? Jawabannya: Kemungkinan bisa baik kategori ke-1 maupun kategori ke-2. Jawaban di atas merupakan penyemangat kita untuk berniat mencari handphone tersebut.  Dengan keyakinan atas jawaban tersebut, maka harapan kita handphone yang hilang bisa kembali lagi ke tangan. Tips apa yang cocok digunakan untuk melacak dan menemukan handphone yang hilang tersebut?

Tips Melacak dan Menemukan Kembali Handphone yang Telah Hilang Karena dicuri
  1. Jika mengetahui tiba-tiba handphone anda hilang, usahakan jangan panik.
  2. Tenangkan pikiran anda dan pikirkan dimana kira-kira tempat kejadian perkara handphone hilang.
  3. Jika anda yakin handphone dicuri, maka tindakan anda sebaiknya:
    • Jangan langsung marah-marah/maki-maki kepada pencuri baik melalui telepon (jika aktif) atau melalui sms jika tidak aktif.
    • Jika handphone langsung tidak aktif ketika anda hubungi, jangan panik masih bisa dilacak dimana keberadaannya.
    • Jangan membuat kesal kepada pencuri, beri ketenangan kepada pencuri seakan-akan anda sudah tidak membutuhkan handphone tersebut (syukur kalau ikhlas). Sesekali saja anda menghubungi untuk memastikan bahwa handphone anda masih aktif.
    • Terus sabar ya, sampai beberapa minggu.
    • Tunggu saatnya ia terlena.
    • Ketika sipencuri telah memakai handphone dengan nomor yang sama, akan banyak menghubungi orang-orang yang mereka kenal untuk komunikasi. Maka saatnyalah anda menghubungi dengan nomor lain.
    • Beraksilah dengan berbagai cara, salah satunya menanyakan dimana bapak sekarang. Kantor bapak sekarang di…. (pura-pura lupa). Saya mau antar undangan ….
    • Yang paling asik dan menemukan titik terang jika handphone tersebut sampai ketinggalan di rumah dan yang mengangkat adalah anak yang masih kecil (pasti lugu berbicara) atau keluarga yang lain. Mantap deh bisa dikorek informasi di sini…kuncinya adalah sabar.
    • Terus berbicara pura-pura kenal dan menanyakan kabar dimana sipencuri ini pergi kemana.
    • Disini kesempatan menanyakan alamat rumah, pura-pura aja mau mampir nanti.
    • Jangan lupa memastikan nama penerima telepon dan pastikan bahwa handphone tertinggal  di rumah (ini penting untuk mengindari sewaktu-waktu dia mengelak kalau handphone di rumah sat ini).
    • Datangi segera dengan membawa bukti-bukti seperti bukti kepemilikan kartu (jika prabayar), Box Handphone (itu mutlak untuk mengetahui Nomor IMEI sebagai bukti kepemilikan). Maksudnya untuk memastikan saja, soalnya banyak merek handphone yang sama/takut salah (dikira ngaku-ngaku).
    • Setelah tiba dirumah target, usahakan telepon lagi ke nomor target yang kita cari untuk memastikan bahwa handphone tersebut berada di situ (kalau nggak disilent pasti kedengeran).
    • Jika terdengar telepon yang kita hubungi merupakan point tersendiri.  Jika tidak, ya itu urutan kesekian yang penting utarakan dulu maksud kedatangan anda untuk mengorek keterangan terlebih dahulu dari keluarga. Misalnya, tanyakan waktu bersamaan dengan tanggal hilangnya handphone anda sipencuri sedang berada dimana. Tembak saja misalkan: Bapak “Anu” yang kemarin malam/siang pergi ke “Wilayah A” ini kan Bu/Pak/Dik? . Wilayah A merupakan tempat kejadian perkara (TKP). Kalau jawabnya Ya, berarti nambah point lagi semakin jelas lagi. Terus ……ngomong…
    • Sampaikan maksud Anda, seperti ini kira-kira begini waktu  saya pergi  ke “Wilayah A” kehilangan handphone mungkin terjatuh atau lupa kali ya (bersikap jangan menuduh/santai target sudah di depan mata).
    • Setelah saya cari informasi ternyata lokasi handphone berada disini (pura-pura pinter aja, padahal tadi sudah dikasih tahu oleh keluarga disini lokasi dan alamatnya). Disini mulai pertegas dengan memulai menghubungi handphone lagi.
    • Jika bunyi terdengan, maka dia tidak bisa ngelak lagi (langsung beri tahu bahwa anda sedang menghubungi nomor yang sama) sambil bilang ini lo nomor yang  saya hubungi. Terus minta tolong untuk bisa mengecek handphone tersebut apa benar sama atau salah nomor saja (pura-pura bego).
    • Setelah handphone anda pegang, maka saatnya tunjukkan bukti kepemilikan kartu anda, kalau perlu dus juga kalau sudah yakin handphone  sama (siapa tahu sudah ditukar/eh tunggu dulu tidak bisa ditukar handphone, kenapa?)
    • Jangan lepaskan handphone, jika yakin itu milik anda (maksudnya jangan tinggal pulang untuk hari berikutnya, bisa-bisa dia merubah informasi palsu, seakan handphone tersebut ia beli dari toko, dari teman atau dari manalah …la wong pencuri)
    • Segera menghubungi dan mengorek sipencuri melalui handphone. Desak terus dari mana asal handphone tersebut…. … . . …. Kejar terus, kalau dia mengelak dikasih oleh bosnya, kejar terus…dari mana bosnya mendapatkannya, ….kalau dia mengelak tidak berani menanyakan, …bilang dimana kantor nya pura-pura mau anda datengin saja…, kalau dia tidak berani …maka nambah point lagi.
    • Terus…keputusannya pasti dia akan menyerah dan dikasih aja melalui tangan keluarganya, mungkin minta damai atau…masih berdalih itu hasil saya beli kok main ambil aja sih, gimana hukum pembeliannya….? Jawab saja, minta ganti aja sama yang jual, soalnya itu jelas-jelas HP  saya , saya ada bukti semua kok, kenapa anda mau beli HP yang nggak jelas asal-usulnya?
    • Beres deh….jangan ada dendam …yang penting handphone sudah ditangan kembali.

Ini dari cerita pengalaman pribadi saya setelah kehilangan handphone tanggal Jum’at, 13 Februari 2009 dan baru ketemu pada hari Sabtu, 7 Maret 2009 (waktu 3 Minggu). Disini bukan dinilai dari harga handphonenya, tetapi proses penemuannya kembali handphone tersebut.

Mungkin anda ada uneg-uneg untuk mengomentari artikel yang saya tulis ini, boleh mencela, menghina, menghujat atau yang lain bebas dan silakan saya tunggu.

Artikel yang lain yang berkaitan Tips Melacak dan Menemukan Kembali Handphone yang Telah Hilang Karena Terjatuh/Hilang Karena Lupa

About these ads

15 pemikiran pada “Tips Melacak dan Menemukan Kembali Handphone yang Telah Hilang Karena dicuri

  1. ae coiy sblm e lam knl dri aq… crt u lmyn jg..
    hr ni tmn ku jg kilangan hp cm krg dr 24 jm udh ktmu. Dlu sh ak jg pnh kilangan hp gtu dh. dan tnyata blututh hp ku tu actv . ya lgs nya aq sadap…… e trnyta ktmu jg deh hp gue.. walapn gue nunggu 3 hr bru ktmu……….. thnks story nya…..

  2. hp saya jg hlang lhoo plus nomernya lagi,tp tiap ditelfon sllu ngga’ aktif gmna nech??? pa mungkin no nya dh ngga’ di pke lagi, la truz nglacaknya gimanaaa?????pdhal saya msh da perlu pnting di no itu.hpnya ja…

  3. hp gw jg baru ilang nich….
    gx ada app anti maling tapi kalo setiap start up hpny minta kode
    truz kode itu bisa di hilangin gx bro??/

  4. hr ini HP sy hilang,terjatuh di angkot…
    karena duduk sy dibelakang jd kemungkinan sopir tdk tau…tapi ada 2 perempuan duduk disamping sy…
    mnurut sy mungkin mrk memungut HP sy…
    sy sdh membuat poster utk mencari HP sy,karena didlmnya terdpt data2 penting…

    Apakah tindakan sy benar???

  5. gimana caranya melacak ponsel saya yang hilang (jatuh).
    sedangkan simcardnya pake kode PIN dan ponselnyapun juga saya pasang pengaman/PIN.

    jika anda bisa/tahu caranya,tolong beri saya masukan,bagaimana cara melacaknya.

    balas ke email saya : rendy_zhie@yahoo.co.id

    terimakasih sebelumnya.

  6. Syaratnya wajib dengan HP yang ada fasilitas anti maling dan sudah diaktifkan.
    Dengan aplikasi anti maling, maka orang yang berusaha mengganti SIM Card dengan nomor lain akan diminta konfirmasi password untuk anti malingnya.

    Kalau tidak ada aplikasi anti maling ya…berdoa saja mudah-mudahan masih rejeki.

  7. Yang pasti HP tersebut tidak bisa dipakai lagi, sebab setiap diganti nomor lain atau kartu SIM yang lain akan meminta konfirmasi password anti maling. Jadi ya nggak bakalan bisa dengan hanya mengganti nomor/kartu SIM saja.

  8. Asalkan HPnya nggak rusak dan tetap aktif dipakai oleh penemu/pemakainya ya bisa dilacak lagi, syarat dengan sabar terus menghubungi No. HP tersebut. No. HP pasti aktif terus kok dan nggak bakal bisa diganti no yang lain. Nggak tahu ya kalau ada cara curang lain untuk itu. no comment

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s