Nama-nama Anak dalam Bahasa Jawa

Sebagai orang mempercayai bahwa nama anak adalah termasuk sebuah do’a atau harapan sesuai makna yang terkandung di dalam rangkaian kata nama tersebut. Sebagian orang yang lain menganggap bahwa pemberian sebuah nama hanyalah sebatas pemberian nama sebagai tanda saja yang tidak memperdulikan arti dari nama yang telah diberikan.

Mari sesama orang jawa bergabung untuk mengumpulkan kata-kata yang sekiranya bisa dijadikan untuk nama.

Ingat jangan meremehkan bahasa Jawa, karena kalau saya perhatikan saat ini ada pergeseran kepercayaan orang Jawa untuk memberikan nama anaknya ke Barat-baratan atau yang lain yang sepertinya tidak mau menggunakan nama yang berbau Jawa.

Mari kita lestarikan dan kita pakai nama-nama bagus yang bisa dipakai untuk anak cucu kita tanpa ada rasa kurang PD (Percaya Diri). Hidup Jawa… Hidup Nama Jawa … Hidup Wong Jowo…. Sampe Tuek Kaki Ninen… Yo Mbah Dharmo, Mbah Tomo, Mbah Tukiyem, Mbah Tumirah, Mbah Sikinem, Mbah Tomo, Mbah Lasinah, Mbah Cikrak, Mbah Usrek, Mbah Prentil….. lan lio liane.

Apakah dari kalian terbersit untuk memberikan nama-nama seperti nama-nama dyang berasal dari nama jawa di bawah ini?

  1. Pandai menanam bunga….. Rosman.
  2. Pandai memperbaiki mobil….. Karman.
  3. Pandai main golf…..Parman.
  4. Pandai makan orang …..sumanto
  5. Pandai dalam korespondensi….. Suratman.
  6. Gagah perkasa…..Suparman.
  7. Kuat dalam berjalan…..Wakiman.
  8. Berani bertanya…..Asman.
  9. Ahli membuat kue…..Paiman.
  10. Pandai berdagang….. Saliman.
  11. Pandai melukis…..Saniman.
  12. Agar jadi orang kaya, Sugiman.
  13. Agar besar nanti pandai cari muka….. Yasman
  14. Suka begituan…..Pakman
  15. Suka makan toge goreng…..Togiman
  16. Selalu ketagihan…..Tuman
  17. Suka telanjang…..Nudiman
  18. Selalu sibuk terus….. Bisiman
  19. Jadi org pelit…..Eman
  20. Nggak kebagian….. Ora uman
  21. Biar jadi penjahit…..Jasman
  22. Pribadinya manis…..Legiman
  23. Indah dipandang…..Taman
  24. Agar selalu sukses…..Luckman
  25. Jadi pemalak…..Preman
  26. Tukang sosor…..Kisman
  27. Biar pinter main game….. Giman
  28. Biar bisa sering cuti ….. Sutiman
  29. Biar jadi juragan sate ….. Satiman
  30. Biar jadi juragan trasi ….. Tarsiman
  31. Biar pinter memecahkan problem ….. Sukarman
  32. Biar kalau ujian ndak usah mengulang ….. Herman
  33. Biar pinter bikin jus ….. Yusman
  34. Biar jadi orang yang berwibawa ….. Jaiman
  35. Biar jadi pemain musik ….. Basman
  36. Biar awet muda ….. Boiman
  37. Biar pinter berperang ….. Warman
  38. Biar jadi orang Bali ….. Nyoman
  39. Biar jadi orang Sunda ….. Maman
  40. Biar lincah seperti mony3t ….. Hanoman
  41. Biar jadi orang Belanda ….. Kuman
  42. Biar tetep tinggal di Jogja ….. Sleman
  43. Biar jadi tukang sepatu handal ….. Soleman
  44. Biar tetep bisa jalan walau ndak pake mesin ….. Delman
  45. Biar gagah perkasa….. Suparman (Galih)
  46. Biar suka manjat….. Spiderman (Jimirinvergillun)
  47. Biar pandai main gitar dan bikin kue…. TARMAN (Raxsheeds911)
  48. Biar Pande BeGaul….. Teman (Baiiuu)
  49. Biar jadi pedagang sate…..sateman (toyo)
  50. Biar jadi lucu….. Dagelman (Kunyil)
  51. Biar hidupnya engga STRESS….. Sutrisman (dewi)
  52. Biar demen main domino…..DOMINAN (dewi)
  53. Biar hidupnya penuh lucu & kebahagiaan…..Funiman (dewi)
  54. Biar selalu sexy & Hot…..HOTMAN (dewi). Kalo hotman sih orang batak kaleee😛
  55. Biar siap selalu menerima tantangan …..Risman (senopati)
  56. Biar suka manjat……supardiman (zack thelmost). Mirip dengan Spiderman ala Jimirinvergillun (no 2?)
  57. Biar pinter ngatur uang…..kasman (zack thelmost)
  58. Biar banyak uang …..SUGIHARTA (radi)
  59. Jadi Orang Yang Pertama …..Mulawarman (endu)
  60. Suka jalan-jalan…..Tursiman (endu)
  61. Biar jadi Touke ( juragan)…..Tukiman (endu)
  62. Penghapus kejahatan…..Delman (endu)
  63. Selalu tampil…..Lookman/Lukman (endu)
  64. BIAR JADI PAHLAWAN : SUDIRMAN. (chubby)
  65. BIAR KUAT BEGADANG : BATMAN. (chubby)
  66. orang yang kaya dengan harta : sugiharto (jowo)
  67. orang yang hartanya bagus(kaya) : suharto (jowo)
  68. kenyataan bagus : sunyoto (jowo)
  69. memberdayakan kesenian dan sastra : sastrowardoyo (jowo)
  70. kesalamatan : slamet (jowo)
  71. keslamatan dan kebaikan : kusumo widodo (jowo)
  72. sopan : susilo (jowo)
  73. berjaya dalam pertempuran : yuhoyono (jowo)
  74. biar jadi penakluk gunung : marijan (Arief)
  75. biar jd direktur : dirjo ( direktur jongos) (Arief)
  76. Seneng makan mie+bakso urat : SUMIRAT (Arief)
  77. Mau yang Nyata2 aja : SUNYOTO (Arief)
  78. biar jadi negro gaul :wasapman (koko)
  79. biar kaya orang suci : So santo (koko)
  80. biar jd andalan terakhir pengambil keputusan : Suwito (koko)
  81. biar jadi tegas dan pedas : SARIMINT (koko)
  82. biar jadi orang yang irit : PAYNO (koko)
  83. Niatnya sih lucu: Djayusman (koko)
  84. biar jadi tukang cukur rambut spesialis PONI –> PONIMAN (mas)
  85. Biar jago main internet -> Coman (Lili Chantique)
  86. biar tambah cantik -> benayu (nuno)
  87. biar tambah cakep -> denbagus (nuno)
  88. biar jadi suka berbicara dan komunikatif -> Cangkeman (guruh)
  89. orang yang suka snack -> Camilan (guruh)
  90. orang makannya rakus -> Kelolodan (guruh)
  91. biar ga pernah sakit -> mariman (kenthus)
  92. biar tetep selamat -> slamet (adhi riyatno)
  93. Biar Ahli Perbintangan ……Rasiman
  94. Biar pandai main gitar …..Tarman
  95. Biar selalu Seksi dan Hot …..Hotman
  96. Biar siap menerima Rintangan …..Risman
  97. Biar menjadi orang yang pertama …..Mulawarman
  98. Biar suka wisata …..Tursiman
  99. Biar jadi jadi touke (juragan) …..Tukiman
  100. Biar menjadi penghapus kejahatan …..Delman
  101. Biar selalu tampil beda …..Lookman (Lukman)
  102. Biar nggak pernah beli…..Payno
  103. Biar nggak gampang stress…..Sutrisman
  104. Biar jadi pemikir Jorok…..TUMIJO (Tukang Mikir Jorok)
  105. Biar selalu berhati-hati …..Ngatiman

Coba apalagi yang bisa ditambahkan di sini, sharing ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s